Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 5 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Mei

PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN GENERASI MUDA BERBASIS KETERAMPILAN MAKRAME

Osberth Sinaga (Unknown)
Siti Nurhalizah Pohan (Unknown)
Khaidar Ali Yahya (Unknown)
Hana Gracia Hikari br kacaribu (Unknown)
Felicia Angga Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu solusi strategis dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan dan mendorong kemandirian ekonomi, khususnya di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kewirausahaan berbasis keterampilan makrame sebagai alternatif usaha kreatif yang mudah diakses dan bernilai ekonomis tinggi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian dilakukan pada kelompok pemuda di wilayah perkotaan dan semi-perkotaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan makrame mampu meningkatkan kreativitas, keterampilan teknis, serta semangat berwirausaha peserta. Selain itu, pemanfaatan media sosial sebagai sarana mengindikasikan bahwa keterampilan makrame dapat menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan promosi dan pemasaran turut memperluas jangkauan pasar produk makrame. Temuan ini berkelanjutan jiwa kewirausahaan generasi muda serta mendukung pengembangan ekonomi kreatif yang. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam merancang program pelatihan kewirausahaan berbasis keterampilan praktis yang relevan dengan tren pasar dan kebutuhan lokal, serta mampu menciptakan peluang ekonomi baru yang berkelanjutan di berbagai lapisan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...