Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis sumber pembiayaan pendidikan dan pengelolaannya dalam meningkatkan kualitas lulusan pada SMA Negeri 3 Semarang. Pembiayaan pendidikan menjadi aspek yang penting untuk menunjang kesuksesan dalam implementasi program-program sekolah, terutama dalam menciptakan lulusan yang baik, serta memiliki karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode fenomenologi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum, bendahara, serta alumni SMA Negeri 3 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber pembiayaan utama pada SMA Negeri 3 Semarang berasal dari BOS yang dialokasikan dengan tujuan mendukung kegiatan operasional serta pengembangan program program kurikulum. Sekolah sudah mengimplementasikan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan juga efisiensi dalam pengelolaannya, serta menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dengan terstruktur dan sistematis. Keterlibatan orang tua dan Kerjasama dengan perguruan tinggi memiliki peran penting dalam memperkuat strategi peningkatan mutu lulusan.
Copyrights © 2025