Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi belajar al-Qur’an melalui gabungan antara tes lisan dan tes tulis dalam materi tajwid pada santri sekaligus mahasiswa semester 2 di pondok pesantren puteri Khadiah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis deskriptif, data yang dikumpulkan berbentuk angka, menggunakan alat pengumpulan data tes yang terstandar, hasil data dianalisis dengan metode statistik deskriptif, seperti tabel distribusi frekuensi, grafik, rata-rata, median, atau standar deviasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Puteri Khadijah melalui tes lisan dan tes tulis terbukti efektif dalam menilai kemampuan santri secara menyeluruh, baik dari segi praktik bacaan maupun pemahaman teori tajwid. Rata-rata nilai santri mencapai (78,4%) dengan mayoritas berada pada kategori “baik” dan “sangat baik”. Meski demikian, sebagian kecil santri masih berada pada kategori “cukup”, terutama dalam memahami hukum bacaan tertentu seperti Laam ta’rief. Metode ini juga relevan dengan pendekatan talaqqi wa musyafahah khas pesantren.
Copyrights © 2025