Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswi kelas I pada mata pelajaran Fiqih di MDTW Mauidzul Amin Al-Islamy dengan menggunakan pendekatan penilaian berbasis tes tulis dan kinerja. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek sebanyak 15 siswi. Evaluasi dilakukan melalui tes tulis untuk mengukur aspek kognitif, dan penilaian kinerja praktik ibadah (wudhu dan sholat) untuk menilai aspek psikomotorik dan afektif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswi mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata akhir sebesar 80,20. Nilai tertinggi yang dicapai adalah 92,5 dan nilai terendah 65,0, dengan 80% siswi dinyatakan tuntas. Meskipun demikian, terdapat beberapa siswi yang belum mencapai standar ketuntasan dan memerlukan bimbingan tambahan. Pendekatan penilaian yang menggabungkan teori dan praktik terbukti efektif dalam memberikan gambaran menyeluruh terhadap capaian belajar siswa, serta menjadi dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih baik ke depannya.
Copyrights © 2025