Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 6 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juni

EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS I MDTW MAUIDZUL AMIN AL-ISLAMY MELALUI PENDEKATAN PENILAIAN BERBASIS TES TULIS DAN KINERJA

Suyyirah (Unknown)
Heni Listiana (Unknown)
Maysurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswi kelas I pada mata pelajaran Fiqih di MDTW Mauidzul Amin Al-Islamy dengan menggunakan pendekatan penilaian berbasis tes tulis dan kinerja. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek sebanyak 15 siswi. Evaluasi dilakukan melalui tes tulis untuk mengukur aspek kognitif, dan penilaian kinerja praktik ibadah (wudhu dan sholat) untuk menilai aspek psikomotorik dan afektif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswi mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata akhir sebesar 80,20. Nilai tertinggi yang dicapai adalah 92,5 dan nilai terendah 65,0, dengan 80% siswi dinyatakan tuntas. Meskipun demikian, terdapat beberapa siswi yang belum mencapai standar ketuntasan dan memerlukan bimbingan tambahan. Pendekatan penilaian yang menggabungkan teori dan praktik terbukti efektif dalam memberikan gambaran menyeluruh terhadap capaian belajar siswa, serta menjadi dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih baik ke depannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...