Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 03 Taman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya materi Mematuhi Aturan di Rumah, melalui penggunaan media permainan ular tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada pra tindakan, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 41,66%. Setelah tindakan pada siklus I meningkat menjadi 66,66%, dan pada siklus II mencapai 87,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mematuhi Aturan di Rumah.
Copyrights © 2025