Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 03 Taman pada materi Kebhinekaan melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan bantuan media interaktif Rupa Bhineka Indonesia (Rupabhi). Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar akibat pembelajaran yang kurang kontekstual dan minimnya penggunaan media yang relevan dengan budaya peserta didik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan ketuntasan belajar, dari 41,7% dengan nilai rata-rata 78,0 pada pra-siklus, menjadi 66,7% (115,8) di siklus I, dan 91,7% (125,4) di siklus II. Pendekatan CRT dan media Rupabhi efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan mengaitkan materi pembelajaran pada latar budaya mereka.
Copyrights © 2025