Kajian ini mengkaji secara integratif konsep moderasi beragama dalam Islam dan kaitannya dengan pendidikan sosial dan budaya, khususnya melalui analisis materi pada buku Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XII Bab VI. Moderasi beragama dipahami sebagai sikap toleran, seimbang, dan menghindari ekstremisme dalam menjalankan ajaran Islam, yang sangat relevan dalam konteks masyarakat plural dan multikultural seperti Indonesia. Penelitian ini menyoroti peran penting pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama untuk membentuk karakter siswa yang inklusif, toleran, dan mampu hidup berdampingan secara harmonis. Selain itu, kajian ini juga membahas implementasi moderasi beragama dalam kurikulum, peran guru, serta strategi penyuluhan kepada masyarakat sebagai upaya penguatan nilai-nilai toleransi dan kerukunan sosial. Hasil kajian menunjukkan bahwa moderasi beragama dalam Islam merupakan pilar utama dalam pendidikan sosial dan budaya yang berkontribusi signifikan terhadap terciptanya masyarakat yang damai, inklusif, dan beradab. Oleh karena itu, penguatan moderasi beragama melalui pendidikan harus terus dikembangkan dan didukung secara menyeluruh untuk menghadapi tantangan dinamika global dan keberagaman lokal.
Copyrights © 2025