Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya globalisasi, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang berhasil membangun citra budayanya yang kuat di kancah Internasional melalui gelombang budaya populer yang banyak dikenal sebagai Korean Wave atau Hallyu. Gelombang budaya ini mencakup musik, drama, makanan, fashion, makeup, gaya hidup dan nilai-nilai sosial. Salah satu hal yang paling menonjol dari fenomena Korean Wave atau Hallyu adalah industri musik K-pop, yang saat ini telah menarik perhatian dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Salah satu ikon utama dalam menyebarkan budaya Korea adalah grup idola K-pop Blackpink, grup idola K-pop ini tidak hanya dikenal melalui musik dan penampilannya, tetapi juga gaya hidup yang mereka tampilkan, mulai dari fashion, kosmetik, hingga perilaku sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran grup idola K-pop Blackpink sebagai cultural influencer dalam konteks komunikasi budaya, serta bagaimana penggemar / fans K-pop di Indonesia menerima dan mengadopsi gaya hidup Korea yang mereka promosikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi komunikasi budaya melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap fans/ penggemar Blackpink di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup idola K-pop Blackpink tidak hanya menjadi representasi hiburan, tetapi juga menjadi simbol budaya Korea modern yang secara aktif mempengaruhi cara berpakaian, gaya berbicara, preferensi kuliner hingga nilai-nilai sosial para penggemarnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi budaya yang terjadi melalui media hiburan memiliki peran yang signifikan dalam membentuk gaya hidup lintas budaya yang bersifat global.
Copyrights © 2025