Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan model permainan 3 on 3 pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Nglencong. Permasalahan yang ditemukan di lapangan antara lain rendahnya keterampilan dasar siswa dalam melakukan passing bawah, kurangnya antusiasme dan partisipasi aktif siswa saat pembelajaran, serta minimnya variasi metode atau model pembelajaran yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes keterampilan passing bawah bola voli yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan passing bawah siswa dari prasiklus ke siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran permainan 3 on 3 dapat diterapkan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar permainan bola voli, terutama dalam keterampilan passing bawah siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025