Orang tua anak berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak berkebutuhan khusus jenis autisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus autisme di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Jenis data yang peneliti gunakan adalah data primer yang berasal dari hasil observasi, wawancara, serta data sekunder dengan menggunakan studi literatur berupa buku, jurnal atau artikel ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran orang tua sangat krusial dalam mendukung perkembangan anak dengan autisme. Mereka tidak hanya bertindak sebagai pendamping utama, akan tetapi juga sebagai advokat yang memperjuangkan hak anak dalam memperoleh layanan pendidikan dan terapi yang sesuai, sumber informasi bagi anak berkebutuhan khusus kategori autisme yang seringkali kesulitan bersosialisasi sehingga sulit mendapatkan informasi, sebagai pendidik di rumah yang melatih kemandirian dan keterampilan dasar anak, serta sebagai mitra sekolah yang aktif berkomunikasi dan berkolaborasi dalam pemantauan perkembangan anak serta dalam pengambil keputusan bagi layanan pendidikan anak. Keterlibatan aktif orang tua dalam proses pendidikan dapat meningkatkan motivasi belajar anak, keterampilan sosial, dan kemandirian anak. Oleh karena itu, dukungan orang tua dalam bersinergi dengan sekolah dapat menentukan keberhasilan pendidikan inklusi.
Copyrights © 2025