Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 7 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juli

GAUGING LMS AS AN EFFICACIOUS LEARNING MEDIUM: THE CASE OF STUDI INDEPENDEN VOKASI DIGITAL EKSPOR FESYEN DAN PRODUK KREATIF

Dewi Puspa Lestari (Unknown)
Aam Alamsyah (Unknown)
Theresia Mundi Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas Learning Management System (LMS) sebagai platform digital populer dalam mendukung proses pembelajaran daring, khususnya dalam konteks materi ekspor yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Studi ini secara khusus bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap seberapa efektif LMS dalam memfasilitasi pemahaman dan keterlibatan mereka dalam aktivitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terstruktur untuk mengumpulkan data dari 45 partisipan yang dipilih secara sukarela. Para partisipan ini mengikuti program pembelajaran ekspor yang mengintegrasikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Temuan menunjukkan bahwa meskipun ada persepsi positif mengenai penerapan LMS dalam mendukung proses pembelajaran online mereka, beberapa aspek masih perlu ditingkatkan. Misalnya, modul yang disampaikan selama kelas online perlu ditingkatkan, dan proses pembelajaran yang memotivasi perlu diterapkan agar siswa dapat memberikan perhatian lebih pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...