Walaupun Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang populer dan wajib di semua sekolah formal, belajar Bahasa Inggris tetap menjadi tantangan bagi banyak siswa. Karena itu, penting untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa saat belajar Bahasa Inggris agar para guru dan pihak sekolah bisa mengetahui penyebab yang mungkin menghambat pencapaian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa sekolah dasar di sebuah sekolah bilingual swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (gabungan antara data kuantitatif dan kualitatif). Alat yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara semi-terstruktur dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun sekolah ini merupakan sekolah bilingual dengan fasilitas modern yang lengkap, siswa sekolah dasar tetap mengalami kesulitan dalam menulis dan tata bahasa (grammar). Di sisi lain, mereka merasa bahwa berbicara dan membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Mereka juga menyebut YouTube sebagai media belajar favorit mereka. Selain itu, siswa merasa bahwa permainan yang dilakukan dalam kelas Bahasa Inggris adalah aktivitas yang paling menarik saat belajar Bahasa Inggris. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam kesulitan-kesulitan ini agar bisa membantu siswa belajar lebih baik.
Copyrights © 2025