Penelitian ini mengkaji mengenai peran program KPU Goes to School yang dilakukan KPU Kota Blitar dalam meningkatkan partisipasi pemilih Gen Z pada Pilkada 2024. Generasi Z sebagai kelompok pemilih muda dengan jumlah besar seringkali dianggap apatis terhadap politik, sehingga diperlukan strategi khusus seperti KPU Goes to School untuk mendorong kesadaran dan partisipasi aktif mereka dalam proses demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi dari program KPU Goes to School terhadap peningkatan pengetahuan (efek kognitif), sikap (efek afektif), dan tindakan (efek Konatif) pemilih Gen-Z dalam konteks partisipasi politik serta faktor pendukung dan penghambat KPU Goes to School terhadap partisipasi pemilih gen-z pada Pilkada 2024. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. pada penelitian ini, peneliti memilih khayalak sasaran melalui Teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran program KPU Goes to School menghasilkan tiga efek komunikasi, yaitu kognitif,afektif,dan konatif, sehingga dapat diketahui fungsi informasi, edukasi, persuasi, dan pengawasan dari program KPU Goes to School tersebut. Penelitian ini juga mengidentifikasi adanya faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari stakeholder seperti dinas pendidikan dan perguruan tinggi serta metode pembelajaran yang menyenangkan, sedangkan faktor penghambat mencakup partisipasi peserta yang belum merata dan rendahnya minat politik pada generasi Z.
Copyrights © 2025