Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA DIKELAS IV SDN 016 SUNGAI KUNJANG, SAMARINDA

Haddar, Gamar Al (Unknown)
Atita, Atita (Unknown)
Tunru, Andi Alif (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peran guru dalam membangun kedisiplinan siswa kelas IV di SDN 016 Sungai Kunjang Samarinda. Fokus masalah pada penelitian ini adalah peran guru dan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisis upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan disiplin siswa kelas IV SD Negeri 016 Sungai Kunjang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menjalankan berbagai peran penting dalam pendidikan. Sebagai sumber pendidik, guru memberikan teladan dan perhatian. Dalam perannya sebagai pengajar, guru mengulang pembelajaran dan membantu siswa dalam memahami konsep yang diajarkan. Sebagai sumber belajar, guru mengarahkan kedisiplinan dan mengajarkan pentingnya berdoa. Dalam peran sebagai pembimbing, guru menciptakan suasana belajar positif dan melibatkan siswa secara aktif. Sebagai penasehat, guru menenangkan siswa, memberikan teguran, dan menciptakan lingkungan yang aman. Sebagai motivator, guru memberikan nasehat dan pujian. Sebagai evaluator, guru melakukan evaluasi diri untuk memahami kemajuan siswa dan memberikan perhatian khusus kepada yang kurang disiplin

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...