Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang berbeda-beda untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif agar dapat mendukung perkembangan maksimal dari setiap siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Designs (Non Designs). Metode eksperimen ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis. Populasi penelitian ini ada seluruh siswa kelas V SD Negeri Gaji 1 dan sampel 20 siswa dengan teknik pengambilan sampling jenuh (penuh) atau sampling total. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Peneliti melakukan pretest dan postest untuk mengetahui hasil komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model matematika nalaria realistik (MNR). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil postest lebih tinggi dibanding pretest. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji sample paired t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0,000 yang berarti nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan pengujian diatas menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model MNR terhadap komunikasi matematis siswa kelas V di SD Negeri Gaji 1.
Copyrights © 2023