Penelitian ini mengevaluasi efektivitas modul pembelajaran fisika berbasis model inkuiri dengan teknik concept map terhadap tingkat pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA N 6 Padangsidimpuan.  Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one-shot case study. Data dikumpulkan dengan hasil belajar siswa dan angket. Hasil dan temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna, angket dan modul berbasis inkuiri dengan concept map secara efektif meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa. Skor rata-rata  dari pengetahuan siswa adalah 80,20 (predikat B), keterampilan 82,86 (predikat B), dan sikap 80,17 (predikat B). Modul dan LKS dinilai sangat efektif dengan skor masing-masing 81 dan 84. Analisis efektivitas menunjukkan rata-rata efektivitas modul 81% dan LKS 84%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan ini merupakan strategi yang efektif dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA, memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kompetensi siswa.
Copyrights © 2024