EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 9, No 2 (2024): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI KOMUNIKASI ANTAR SEL

Rahmadina, Rahmadina (Unknown)
Utami, Elifia Dwi (Unknown)
Saputri, Widia Azhari (Unknown)
Chaniago, Yuyun Amalia (Unknown)
Lubis, M Azhar (Unknown)
Hasibuan, Dinda Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Siswa yang mempunyai pemahaman konsep yang baik dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap mata kuliah biologi sel. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep siswa berada pada kategori rendah. Indikator pemahaman tertinggi terdapat pada konsep cell juction dengan persentase sebesar 70%, sedangkan indikator terendah terdapat pada pemahaman struktur perlekatan sel dengan persentase hanya sebesar 5% pada kelas sampel. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman konsep ini antara lain kesulitan dalam memahami soal-soal yang diberikan, perbedaan kemampuan akademik, rumitnya materi mengenai komunikasi antar sel, lemahnya daya ingat, dan kurang optimalnya proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...