G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 8 No. 2 (2024): April 2024. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kamilah, Syifaul (Unknown)
Asni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari kegiatanĀ  layanan bimbingan kelompok memakai Teknik problem solving untuk melihat keefektivan terhadap peningkatanĀ  adversity quotient siswa. Objek penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VIII E di SMPN 174 Jakarta. Sampel yang diambil yaitu 10 orang siswa untuk diberikan layanan. Pre experimental one group serta pre test pos test design sebagai metode dalam penelitian. Hipotesis penelitian ini perbandingan tingkatan adversity quotient saat sebelum diberikan layanan lalu setelah diberikan layanan. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan menunjukann bahwa terdapat perbandingan tingkatan adversity quotient sebelum dengan rata-rata 92,4% serta setelah diberikan layanan dengan rata-rata 132,2%. Analisis hipotesisi pada penelitian ini memakai uji Wilcoxon rank test, hasil nilai Z ialah -2.805 dengan Asymp Sig 0,005 < 0,05 hingga hasil hipotesis kerja alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan yang dapat diambil terdapat perbandingan adversity quotient siswa kelas VIII E di SMPN 174 Jakarta saat sebelum serta sehabis dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik pemecahan masalah, adversity quotient

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...