Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan takur dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas II semester I materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dengan empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Plamongansari 02 dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata 73 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 53,57%. pada siklus I mengalami peningkatan pada hasil nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 67,85%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata 81 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,57%. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan kelas II SDN Plamongansari 02. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Copyrights © 2024