JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA
Vol. 4 No. 2 (2025): JAKADARA: JURNAL EKONOMIKA, BISNIS, DAN HUMANIORA

The Effect of Travel Motivation, Destination Image, and Electronic Word of Mouth on Tourists' Decisions to Visit Kuta Beach: Pengaruh Motivasi Berwisata, Citra Destinasi, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Kuta

Besitimur, Enjelita Gerice (Unknown)
Prasiasa, Dewa Putu Oka (Unknown)
Junaedi, I Wayan Ruspendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berwisata, citra destinasi, dan e-WOM terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pantai Kuta. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke Pantai Kuta. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling (non-probability sampling) dengan jumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik serta teknik analisis statistik yaitu Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Parsial dan Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Uji t-test dan Uji f-test. Hasil analisis diuji menggunakan perangkat lunak SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian hipotesis diterima. Motivasi berwisata (X1) berpengaruh secara parsial, positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai t hitung 2,647 > t tabel 1,661 (p < 0,05). Citra destinasi (X2) juga berpengaruh secara parsial, positif dan signifikan dengan nilai t hitung 2,645 > t tabel 1,661 (p < 0,05). e-WOM  (X3) berpengaruh secara parsial positif, namun tidak signifikan, ditunjukkan dengan nilai t hitung 1,164 < t tabel 1,661 (p > 0,05). Secara simultan, motivasi berwisata, citra destinasi, dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, dibuktikan dengan nilai F hitung 34,671> F tabel 3,090 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Melalui Analisis Koefisien Determinasi, variabel motivasi berwisata (X1), citra destinasi (X2), dan e-WOM (X3) memberikan kontribusi sebesar 52,0% terhadap keputusan berkunjung (Y) ke Pantai Kuta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jakadara

Publisher

Subject

Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomika, Bisnis, dan Humaniora (JAKADARA) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dhyana Pura, Bali. Jakadara merupakan jurnal yang terbuka untuk umum dan ditinjau oleh pihak terkait yang merupakan media diseminasi hasil ...