Dalam kegiatan perkuliahan mata kuliah Analisis Real terdapat masalah- masalah yang menghambat dan menyulitkan mahasiswa ketika melakukan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan yang di hadapi mahasiswa pada mata kuliah Analisis Real. Metode yang digunakan pada penelian ini adalah Study Literature Review atau tinjauan pustaka. Peneliti menyatukan hasil penelitian dari artikel-artikel penelitian sebelumnya. Pencarian referensi Platform Google Scholar yang tahun terbitnya berkisar 2015 sampai 2023 yang berjumlah 13 artikel jurnal yang terkait dengan judul penelitian. Berdasarkan dari hasil penelitian, problem yang di alami mahasiswa dalam perkuliahan analisis real di antaranya: (1) Pemahaman konsep: Materi analis real yang cukup abstrak mengharuskan mahasiswa untuk berfikir kritis ketika memahami konsep dari setiap materi. Mahasiswa cenderung tidak dapat memahami konsep materi Analis Real jika hanya melihat teori-teori pada materi. (2) Pembuktian teorema: Teorema yang berisi langkah-langkah logis dan terstruktur dalam membuktikan suatu argumen deduktif pada Analisis Real, cenderung membuat mahasiswa bimbang dengan konsep Analisis Real.dan (3) Penyelesaian soal: Mahasiswa kesulitan dalam proses pengerjaan soal yang terstruktur namun abstrak. ABSTRACT In a lecture activity of the Real Analysis course there are problems that hinder and make it difficult for the learner when doing the study. The purpose of this research is to identify the problems faced by college students in the Real Analysis course. The method used in this research is Study Literature Review or literature review. Researchers bring together research results from previous research articles. Google Scholar Platform reference search whose publication year ranges from 2015 to 2023 which totalled 13 journal articles related to the research title. Based on the research results, the problems experienced by college students in Real Analysis lectures include: (1) Concept understanding: Real analysis lessons that are quite abstract require students to think critically when understanding the concept of each lesson. Students tend not to be able to understand the concept of Real Analyst lessons if they only see the theories in the class. (2) Theorem proving: Theorems that contain logical and structured steps in proving a deductive argument in real analysis, tend to make of the college students indecisive about the concept of Real Analysis.and (3) Problem solving: Students have difficulty in the process of working on problems that are structured but abstract.
Copyrights © 2024