Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 4 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZLET TERHADAP HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Wagiarni (Unknown)
Siregar , Tanti Jumaisyaroh (Unknown)
Ammamiarihta (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran game-based learning berbantuan media quizlet terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan dengan jumlah sampel kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang ditetapkan oleh peneliti yaitu Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Pengolah data statistic baik validitas, reliabilitas serta analisisnya menggunakan excel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran game-based learning berbantuan media quizlet terhadap hasil belajar dengan nilai T-hitung (8,987) > T-tabel (2,002). (2) terdapat pengaruh model pembelajaran game-based learning berbantuan media quizlet terhadap kemandirian belajar dengan nilai T-hitung (2,400) > T-tabel (2,002). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran game-based learning berbantuan media quizlet terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa.                                       ABSTRACT This research aims to determine the effect of the game-based learning model assisted by Quizlet media on the learning outcomes and learning independence of class VIII students at SMP Negeri 7 Medan. This research method is quantitative with a quasi-experimental type of research. The research population was class VIII students at SMP Negeri 7 Medan with a sample size of 30 students in the experimental class and 30 students in the control class. The sampling technique is based on the criteria set by the researcher, namely Simple Random Sampling. Data collection techniques using tests and questionnaires. Processing statistical data for validity, reliability and analysis using Excel. The research results reveal that (1) there is an influence of the game-based learning model assisted by Quizlet media on learning outcomes with a value of (8.987) >  (2.002). (2) there is an influence of the game-based learning model assisted by Quizlet media on learning independence with a value of  (2,400) >  (2,002). Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is an influence of the game-based learning model assisted by Quizlet media on learning outcomes and student learning independence.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...