Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 5 (2024): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI SPLDV

Razaq, Muhammad Ainul (Unknown)
samin Lubis, Mara (Unknown)
Reflina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran matematika E-LKPD yang berbasis discovery learning pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam konteks ini, peneliti menerapkan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII-5 di SMP Pahlawan Nasional Medan dengan jumlah 24 orang. Berdasarkan hasil penelititian menunjukkan bahwa hasil uji validitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 93%, sedangkan hasil praktikalitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat praktis angket guru dengan persentase 90%, dan angket siswa dengan persentase 84,27% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis, dengan hasil 0,81 adalah kategori efektif. Sehingga E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV dikategorikan valid, praktis, dan efektif.  ABSTRACT  This research aims to develop and create E-LKPD mathematics learning media based on discovery learning on SPLDV material. This research uses research and development methods (Research and Development). In this context, researchers apply the R&D research method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The population of this study was all students in class VIII-5 at the Medan National Hero Middle School with a total of 24 people. Based on research results, it shows that the results of the E-LKPD validity test are in the very valid category with an average of 93%, while the practicality results of the E-LKPD are in the very practical category of teacher questionnaires with a percentage of 90%, and student questionnaires with a percentage of 84.27%. in the very practical category. And the post-test results show an increase in students' ability to solve mathematical problems, with a result of 0.81 being the effective category. So E-LKPD Based on Discovery Learning for Middle School Students on SPLDV Material is categorized as valid, practical and effective.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...