Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs Negeri 1 Karo; dan (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs Negeri 1 Karo yang berjumlah 63 siswa yang terdiri dari 2 kelas paralel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Melalui hasil data yang telah peneliti lakukan terlihat bahwa hasil untuk hipotesis pertama menunjukkan nilai t-hitung=12,14 dan nilai t-tabel=1,999. Karena t-hitung ≥ t-tabel yakni 12,14 ≥ 1,999 maka H0 ditolak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasional bilangan bulat di kelas VII MTs Negeri 1 Karo dan 2) Melalui hasil data yang telah peneliti lakukan terlihat bahwa hasil untuk hipotesis kedua menunjukkan nilai t-hitung = 4,48 dan nilai t-tabel = 1,999. Karena t- hitung ≥ t-tabel yakni 4,48 ≥ 2,004 maka H0 ditolak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi operasional bilangan bulat di kelas VII MTs Negeri 1 Karo. ABSTRACT This study aims to find out: (1) To find out the influence of the Project-based learning model on students' mathematical problem-solving ability in integer material in grade VII MTs Negeri 1 Karo; and (2) To determine the influence of the Project-based learning model on students' mathematical critical thinking skills on integer material in grade VII MTs Negeri 1 Karo totaling 63 students consisting of 2 parallel classes. The results of the study revealed that 1) Through the results of the data that the researcher has done, it can be seen that the results for the first hypothesis show the value, t-calculate. =12.14 and the value, t-table. =1,999. Because, t-calculate. ≥ t-table. namely 12.14 ≥ 1,999 then, H0. rejected. Therefore, it can be concluded that there is an influence of the Project-based learning learning model on students' mathematical problem-solving ability in integer operational material in grade VII MTs Negeri 1 Karo and 2) Through the results of the data that the researcher has done, it can be seen that the results for the second hypothesis show the value, t-calculate. =4.48 and the value, t-table. = 2.004. Because, t-calculate. ≥, t-table. namely 4.48 ≥ 1,999 then, H0. rejected. Therefore, it can be concluded that there is an influence of the Project-based learning model on students' critical thinking skills in integer operational materials in grade VII MTs Negeri 1 Karo.
Copyrights © 2024