Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 21 No 3 (2023): Desember 2023

Komunikasi Kesehatan Persalinan dalam Media Sosial: Kajian Literatur Sistematik

Widyaningrum, Alifiah Ghaniyyu (Unknown)
Hubeis, Aida Vitayala Sjafri (Unknown)
Sarwoprasodjo, Sarwititi (Unknown)
Matindas, Krishnarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Upaya meningkatkan pengetahuan informasi persalinan salah satunya dengan penyuluhan kesehatan dan penyebaran informasi melalui media dan teknologi. Dalam hal ini dibutuhkan komunikasi interpersonal yang menjalin interaksi antara individu, tenaga kesehatan, serta sistem dukungan sosial individu. penggunaan media komunikasi modern, yaitu internet sebagai media menyebarluaskan pengetahuan terkait kesehatan melalui media sosial seperti Instagram, whatsapp, serta blog. Kontribusi tulisan ini diharapkan dapat memberikan gambaran penelitian yang sudah dilakukan, dengan tujuan menganalisis masalah-masalah baru dan merumuskan kerangka pemikiran baru terkait komunikasi kesehatan persalinan dalam media sosial. Dengan metode tinjauan sistematis (systematic review). Telaah sistematik ini berdasarkan sintesis empat belas jurnal bereputasi dan sumber literatur tambahan lainnya. Hasilnya artikel tersebut memiliki variasi dalam hal metodelogi dan teori yang digunakan untuk membahas permasalahan penelitian. Belum ada penelitian yang fokus mengenai proses pembelajaran persalinan (VBAC) Vaginal Birth After Caesar dalam percakapan media digital. VBAC ialah melahirkan normal setelah pascaoperasi (SC) section cesarea. Vaginal Birth After Caesar saat ini mulai banyak diterapkan oleh dokter - dokter di dunia serta direkomendasikan dokter di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...