Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 2 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Validitas dan Daya Tarik Buku Ensiklopedia Famili Piperaceae Dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis

Fatmalia, Fatmalia (Unknown)
Zaini, Muhammad (Unknown)
Rezeki, Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Salah satu dari dari komponen 4C yang perlu dimiliki siswa untuk memperoleh pendidikan adalah berpikir kritis. Memperoleh pengetahuan dapat difasilitasi dengan materi pendidikan seperti ensiklopedia. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan validitas, kepraktisan isi, harapan dan aktual famili Piperaceae di Kebun Raya Banua. Desain penelitian pengembangan EDR digunakan dalam penelitian ini. Penilaian validitas dilakukan oleh 3 profesional (dosen), 3 mahasiswa pada uji perorangan, 6 siswa diuji dalam kelompok kecil dan uji lapangan oleh 15 orang mahasiswa. Hasil validitas dinyatakan valid, uji kepraktisan isi dinyatakan baik, uji kepraktisan harapan dinyatakan sangat baik, dan uji kepraktisan aktual dinyatakan sangat baik. Oleh karena itu, buku ensiklopedia di Kebun Raya Banua tentang Famili Piperaceae dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan layak sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...