Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 2 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Pengembangan LKPD Elektronik Kelas Amphibia Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Siswa Kelas X SMA

Rifa’i, M. Helmi (Unknown)
Zaini, Muhammad (Unknown)
Kaspul, Kaspul (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menekankan kemampuan siswa untuk berpikir kritis, menguasai tekonologi, informasi, komunikasi dan berkolaborasi. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru yaitu Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (LKPD-e). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD-e valid, praktis, dan efektif pada konsep kelas amphibia. Penerapannya dalam pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kinerja siswa. Metode penelitian menggunakan desain Tessmer, yang terdiri atas expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation; Subjek validasi meliputi 3 orang ahli, subjek uji perorangan yaitu 3 orang siswa kelas X SMAN 1 Alalak, dan subjek uji kelompok kecil yaitu 4 orang siswa kelas X SMAN 1 Alalak. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Analisis data validitas berdasarkan kategori sangat valid, valid, kurang valid dan tidak valid. Hasil dari penelitian menunjukkan: validitas LKPD-e memiliki kategori minimal valid, kepraktisan isi LKPD-e memiliki kategori minimal baik dan kepraktisan harapan LKPD-e berdasarkan respon siswa memiliki kategori minimal baik, dan keefektifan harapan LKPD-e berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan LKPD-e memiliki kategori minimal baik pada keterampilan interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri serta ditunjang dengan keterampilan kinerja siswa melalui praktikum memiliki kategori minimal baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...