Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang sangat penting karena menyerap tenaga kerja yang sangat banyak. Selain itu, potensi sektor UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional melalui bidang ekonomi kreatif sangat besar karena cakupan usaha yang sangat luas jika dikelola dengan baik. Namun demikian, terdapat berbagai kendala klasik dan hal yang fundamental dalam bisnis yang dialami oleh pelaku UMKM seperti tidak membuat laporan keuangan, tidak menyusunan rencana bisnis dengan baik, serta pemasaran yang masih konvensional dan mengabaikan digitalisasi. Hal ini menjadi dasar analisis untuk mengadakan workshop edukasi peningkatan pemahaman mengenai penyusunan rencana bisnis ekonomi kreatif pada pelaku UMKM kota Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi pelaku UMKM kota Bandung agar sadar pentingnya hal-hal fundamental dalam bisnis seperti laporan keuangan dan penyusunan rencana bisnis serta pemanfataan pemasaran digital. Terdapat empat materi dalam kegiatan ini meliputi konsep pengembangan bisnis UMKM, pemanfaatan platform digital, dasar-dasar digital marketing, dan keterampilan mengenali potensi diri dalam usaha kreatif. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM kota Bandung memahami dasar-dasar fundamental dalam rencana bisnis kreatif.
Copyrights © 2025