Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kewirausahaan siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Singingi Hilir. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari 40% pada siklus pertama menjadi 84% pada siklus kedua. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kewirausahaan siswa, termasuk kreativitas, kerja sama tim, dan kemampuan pemasaran produk. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 pada siswa sekolah kejuruan. Implementasi PjBL yang terstruktur dan kontekstual direkomendasikan untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian siswa di berbagai bidang kejuruan.
Copyrights © 2025