Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita melalui penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 21 Limboto. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sebelumnya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita, seperti tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, dan amanat, serta penggunaan model pembelajaran yang belum optimal dan masih bersifat konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari satu kali pertemuan. Metode pengumpulan data lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif data yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes akan diterangkan serta disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model SAVI. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 64,09 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 45%. Setelah tindakan pada siklus II, nilai rata-rata menjadi 86,82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
Copyrights © 2025