Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Banggai pada materi Indahnya Berperilaku Amanah melalui penerapan model pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Permasalahan utama dalam proses belajar mengajar adalah dominasi metode ceramah yang menyebabkan siswa kurang fokus, kurang termotivasi, serta rendah dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata siswa tercatat sebesar 64,6 dengan tingkat ketuntasan belajar hanya 47%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I menggunakan model Reciprocal Teaching, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78,5 dengan tingkat ketuntasan 87%. Tindakan dilanjutkan ke siklus II untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, dan hasilnya menunjukkan peningkatan rata-rata nilai menjadi 83,9 dengan persentase ketuntasan mencapai 93%. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, mendorong interaksi positif antara guru dan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan bermakna.
Copyrights © 2025