Artiikel ini menjelaskan bagaimana penggunaan CLE (Concetrated Language Learning) dalam pengajaran kemampuan membaca pemahaman siswa dalam Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Quasi experimental design. Populasi penelitaian ini berjumlah 309 orang siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pagaralam tahun ajaran 2023/3024, dimana 72 siswa diambil sebagai sampel yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas control. Teknik yang digunakan dalam penelitian menggunakan test kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris dan di analisis dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahawa terdapat perbedaan signifinakan kemampuan membaca siswa dalam Bahasa Inggris yang di ajarkan dengan menggunakan CLE model di bandingkan dengan kemampuan siswa yang tidak menggunakan CLE model. Hasil ini menunjukkan bahwa CLE Model dapat di manfaatkan sebagai alternatif model dalam proses pembelajaran membaca dalam Bahasa Inggris dan model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam Bahasa Inggris.
Copyrights © 2025