Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober

PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KEBUTUHAN

Zulfakar, Zulfakar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Program peningkatan kualitas guru yang efektif harus didasarkan pada needassessment. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guruberdasarkan kebutuhan guru. Temuan penelitian menunjukkan ada dua program yangdibutuhkan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMP di Kecamatan Praya Timur. Gurumembutuhkan sebuah program untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka.Berdasarkan pada kebutuhan guru, program ini harus mempertimbangkan aspek-aspekberikut. Pertama, program harus menawarkan program sarjana (S1) dan program pascasarjana(S2) di bidang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru. Kedua,program harus mengambil lokasi di dekat tempat tinggal guru. Ketiga, program harusmemberikan dukungan bagi guru seperti pendanaan untuk belajar dan biaya operasional, danizin belajar atau dispensasi bagi guru untuk bebas dari atau untuk mengurangi jam mengajarmereka. Program lainnya adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Programyang harus dilakukan di lokasi atau di dekat lokasi di mana guru tinggal. Selain itu, guru perlubeberapa pendukung seperti biaya dan juga mengizinkan untuk bergabung dengan programpendidikan yang memajukan secara personil maupun secara kelembagaan.Kata Kunci: Kualitas Guru, Berbasis Kebutuhan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...