Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi siswa mengenai pendidikan karakter yang cocok untuk generasi muslim milenial di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuanitatif dengan teknik survey. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Slovin. terpilih 25 sekolah tingkat menengah atas. Jumlah responden sebanyak 325 orang yang dipilih secara acak (random sampling). Hasil survey menemukan bahwa (1) sebanyak 95% siswa menegah atas di Kota Mataram adalah muslim milenialis.(2) ada sembilan karakter siswa muslim milenial; (3) ada tujuh prinsip pendidikan karakter yang cocok untuk siswa muslim milenial; (4)menemukan manajemen pendidikan karkter yang cocok dengan siswa muslim milenial; (5) Budayasekolah yang cocok dengan generasli muslim milenial; (6) Kepemimpinan sekolah yang cocok untuk generasi muslim milenial. Survey merekomendasikan agar (1) ke depan sekolah perlu merancang pendidikan karakter yang sesuai dengan karakter generasi muslim milenial dan prinsip pendidikan karakter muslim milenial. (2) ke depan sekolah perlu merancang budaya sekolah yang sesuai prinsip dan karakter generasi muslim milenial; (3) menyiapkan kepemimpinan sekolah yang cocok dengan karakter dan prinsip pendidikan karakter generasi muslim milenial. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Manajemen, Pendidikan Karakter, Generasi Muslim Milenial
Copyrights © 2020