Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober

KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING SEBAGAI LAYANAN PADA SISWA YANG MEMILIKI PERILAKU MEMBOLOS

Mustakim, Ichwanul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Abstract: The habit of truancy will have a negative impact. Modeling technique is one of the techniques to reduce truancy behavior by observing socially to engage in a target behavior. This technique is carried out so that student truancy behavior can be reduced. This research is quantitative in the form of a quasi-experimental design with the design used in this study, namely: non-equevalent control group design. There were two research groups, namely: the experimental group and the control group which were both carried out pretest and posttest. the results of the treatment that have been given, it appears that there is a change in behavior in the truant class to be lower. Thus, it can be stated that modeling techniques can reduce truancy behavior in class XI students in high school.Keywords: truancy behavior, modeling technique, group counselingAbstrak: Kebiasaan membolos akan berdampak negative. Teknik Modeling merupakan salah satu Teknik untuk mengurangi perilaku membolos yaitu dengan pengamatan secara sosial untuk terlibat dalam sebuah perilaku target. Dilakukan Teknik tersebut agar perilaku membolos siswa dapat berkurang. Penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi exprimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: non-equevalent control group design. Terdapat dua kelompok penelitian yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang sama-sama dilakukan pretest dan posttest. hasil perlakuan yang telah diberikan, terlihat ada perubahan perilaku pada kelas membolos menjadi lebih rendah, Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa teknik teknik modeling dapat mengurangi perilaku membolos siswa kelas XI di SMA.Kata Kunci: Perilaku Membolos, Teknik Modeling, konseling kelompok

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...