Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober

Manajemen Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al Maahmud Aik Ampat

Safitri, Lilik Ulaili (Unknown)
Irawan, M. Ary (Unknown)
Hakim, Lukmanul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Abstract: The. aim of this research is: to describe planning, implementation and evaluation capabilities in increasing motivation to memorize the Qur'an at Madrasah Aliyah Al Mahmud Aik Ampat. The research approach used is a qualitative approach, while the research design is a case study. Data collection techniques include: interviews, observation and documentation. Furthermore, the results of this research are: (1) Planning the Tahfidz Program to Increase Motivation to Memorize the Qur'an at Madrasah Aliyah (MA) Al Mahmud including: (a) planning regular meetings, (b) planning a semester evaluation involving the tahfidz coordinator , teacher and student. The programs that have been planned to increase motivation to memorize are (a) planning the distribution of halaqoh levels and (b) giving awards to each student. (2). Implementation of the Tahfidz Program to increase motivation to memorize includes: (a) holding meetings, (b) carrying out teacher and student evaluations per semester, (c) implementing a previously determined tahfidz program which is permanent. (3). Evaluation of the Tahfidz program in increasing motivation to memorize includes: evaluation form in the form of an oral test per individual using a question and answer method with a rote reading deposit system and including memorized books (recommendations) worthy of taking the exam. The conclusion in the Tahfidz Program Management research in increasing motivation to memorize the Qur'an at Madrasah Aliyah (MA) Al Mahmud Aik Ampat is through a planning, implementation and evaluation.. Keywords: Program, Management, Memorizing, The Qur`anAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kemampuan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al Mahmud Aik Ampat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, adapun rancangan penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, hasil penelitian ini yaitu: (1)Perencanaan Program Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah (MA) Al Mahmud meliputi: (a) merencanakan rapat secara berkala, (b) merencanakan evaluasi persemester yang melibatkan koordinator tahfidz, guru dan siswa. Adapun program yang di telah direncakan untuk meningkatkan motivasi menghafal adalah (a) merencanakan pembagian tingkatan halaqoh dan (b) pemberian penghargaan (reward) ke setiap siswa. (2). Pelaksanaan Program Tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal meliputi: (a) mengadakan rapat, (b) melaksanakan evaluasi guru dan siswa per semester, (c) pelaksanaan program tahfidz yang sudah ditetapkan sebelumnya yang bersifat permanen. (3). Evaluasi program tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal meliputi: bentuk evaluasi berupa ujian tes lisan per individu dengan metode pelaksanaan tanya jawab dengan system setoran bacaan hafalan dan menyertakan buku hafalan(rekomendasi) layak mengikuti ujian. Kesimpulan dalam penelitian Manajemen Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al Qur’an di Madrasah Aliyah (MA) Al Mahmud Aik Ampat yaitu dengan melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci: Mnajemen, Program, Menghafal, Al_Qur`an

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...