Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 3

Pelatihan Media Perplexity Guru di UPTD SD Negeri 150 Barru

Marhani, Marhani (Unknown)
Ilmi, Nur (Unknown)
Halik, Abdul (Unknown)
Burhan, Imron (Unknown)
Musfirah, Musfirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Abstrak – Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru guru mengembangkan media pembelajaran berbasis Perplexity guna meningkatkan kemampuan guru guru di UPTD SD Negeri 150 Barru. Media Perplexity merupakan alat bantu interaktif yang dirancang untuk menstimulasi rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui tantangan dan teka-teki yang relevan dengan materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan dengan tahap pengembangan meliputi kegiatan pelatihan membuat media perplexity bagi guru. Subjek pelatihan ini sebanyak 20 guru dan staf di UPTD SD Negeri 150 Barru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Perplexity efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep guru, ditunjukkan dengan peningkatanminat guru dan antysias membuat media perplexity. Selain itu, respon positif dari guru mendukung keberlanjutan penggunaan media ini dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya, media pembelajaran Perplexity layak digunakan sebagai sarana inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.Kata kunci: Media  Perplexity, Guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...