Journal of Education Research
Vol. 4 No. 4 (2023)

Pengaruh Blended Learning Terhadap Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication) pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPI YPTK Padang

Harmelia, Harmelia (Unknown)
Putri, Yonna Anggayu (Unknown)
Seplinda, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Perkembangan digitalisasi saat ini memerlukan kualitas sumber daya manusia dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Kemampuan soft skill seperti empat C yaitu Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication penting bagi kualitas SDM agar mampu bersaing dengan perkembangan teknologi serta mempertahankan eksistensinya di tengah kemajuan mesin dan teknologi yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan keterampilan empat C atau Critical Thinkking, Creativity, Collaboration, dan Communication mahasiswa. Penelitian ini berjenis ekperimen semu yang dilakukan kepada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis jurusan manajemen pada mata kuliah riset operasi tahun pelajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sebanyak 94 mahasiswa telah diuji dengan menggunakan perlakuan yang berbeda pada proses pembelajarannya. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan observasi, pelaksanaan pretest dan post test serta kuesioner. Hasil analisis data diperolah bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan empat C mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pada kompetensi Critical Thinking metode Blanded Learning berperan sebesar tiga puluh empat persen, kompetensi Creativity berperan sebesar dua puluh tujuh persen, kompetensi  Collaboration berperan sebesar dua puluh sembilan persen, sedangkan kompetensi Communicate metode Blended Learning belum terlalu berpengaruh bagi mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...