Journal of Education Research
Vol. 5 No. 1 (2024)

Contents and Functions of Traditional Minangkabau Manuscripts in Relation to Treatment and Education

Susena, Danang (Unknown)
Budiyono, Sri (Unknown)
Amertawingrum, Indiyah Prana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

 Naskah Minangkabau memiliki beragam teks, seperti teks Islam, sejarah, sastra, adat istiadat, dan pengobatan tradisional. Jika buku-buku Islam, sejarah, sastra dan tradisi sudah banyak dipelajari, maka buku-buku pengobatan tradisional masih minim kajiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknik penyembuhan tradisional berdasarkan teks Minangkabau yang dikaitkan dengan fungsi, makna dan pendidikan pada masa kini dan masa depan. Maka penelitian ini akan mencari teks tersebut dari segi isi, tujuan, dan sekaligus kaitannya dengan dunia pendidikan masa kini dan masa yang akan datang. Sehubungan dengan pernyataan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan isi teks tersebut. dalam naskah kuno Minangkabau dan fungsinya sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui inventarisasi naskah, transliterasi dan terjemahan, kritik teks dan wawancara. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang dilakukan dengan tiga langkah sistematik yang saling berkaitan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diketahui bahwa melalui teks pengobatan tradisional terdapat informasi tentang pengobatan tradisional Minangkabau terkait ramuan obat dan cara penyembuhan tradisional. Selain itu melalui konteks dapat dimaknai tentang konsep penyakit dan upaya penyembuhannya dalam kosmologi masyarakat Minangkabau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...