Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik mind mapping pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Dan penelitian ini juga bertujuan menemukan model mind mapping yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama bahwa praktek penerapan mind mapping dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan meliputi pertama, penentuan terhadap topik di mana topik dalam hal ini berupa materi yang tengah dipelajara itu sendiri. Kedua penulisan poin penting dari topik itu sendiri, di mana poin penting yang dimaksud adalah seluruh gagasan yang menyangkut topik tersebut. Ketiga, penulisan terhadap kata kunci yang relevan. Keempat persiapan akan media maupun peralatan. Kelima, mulai membuat mind mapping dengan menghubungkan setiap poin. Keenam, pemberian gambar ilustrasi. Dan ketujuh, pemberian catatan kecil yang diperlukan. Praktek mind mapping yang diterapkan di MTs. Sa’adatul Mahabbah juga diiringi ataupun dibersamai dengan metode-metode lainnya. Sehingga dalam hal ini praktek mind mapping yang dijalankan tidak berdiri sendiri, metode-metode yang lain turut mendukung dalam praktek ini agar terlaksana. Kedua, bahwa penerapan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Model mind mapping yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik meliputi model silabus, model bab, dan model paragaraf. Ketiga model tersebut sama-sama mengantarkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan.
Copyrights © 2024