Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Deli Tua

Lubis, Khadijah Utami (Unknown)
Idaroyanni, Mia Rizky (Unknown)
Limbong, Sri Fitri Perdani (Unknown)
Fauzi, KMS. Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Pembaruan kurikulum dalam sistem pendidikan Indonesia terus dilaksanakan sejalan dengan perkembangan zaman. Salah satu maksud dari perubahan tersebut adalah menyesuaikan kurikulum dengan ranah studi dan keterampilan yang diperlukan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Deli Tua. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen dari lima guru SMA Negeri 1 Deli Tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru umumnya memiliki pandangan positif terhadap tujuan kurikulum yang mendorong pembelajaran berbasis proyek dan pengembangan karakter siswa. Namun, sejumlah kendala teridentifikasi, seperti keterbatasan pelatihan, sumber daya, dan adaptasi terhadap pendekatan baru. Penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan berkelanjutan, dukungan sumber daya yang memadai, dan forum diskusi bagi guru untuk meningkatkan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada dukungan sistemik dari pemerintah, penguatan kapasitas guru, dan kolaborasi antarpemangku kepentingan pendidikan dalam menciptakan ekosistem belajar yang adaptif dan inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...