Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang menekankan keterampilan dan ketepatan dalam membaca alat ukur jangka sorong. Pada SMK Negeri 1 Jati perlu adanya peningkatan hasil belajar menggunakan alat ukur jangka sorong, banyaknya metode pembelajaran yang variatif ini disebabkan oleh begitu beragamnya materi pembelajaran yang ada dimasa sekarang, hal ini juga harus adanya metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi dengan begitu siswa akan lebih memahami materi yang akan disampaikan oleh oleh guru. Metode skill training merupakan metode yang tepat dalam hal ini karena siswa akan memiliki keterampilan pembacaan alat ukur dengan ketepatan dan kecepatan membaca dengan baik. Hasil penelitian dengan menggunakan metode skill training pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif menunjukkan bahwa presentase hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat pada setiap indikatornya yang pertama di pra siklus presentase yang didapat 18 %, kemudian pada siklus yang pertama 21 % dan pada siklus 2 dihasilkan 52 % dan siklus 3 dihasilkan 85 %. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran skill training mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Copyrights © 2025