Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Sosialita

PENINGKATAN MOTIVASI, MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Suraya, Sri (Unknown)
Sunarti, Sunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

 Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar IPS melalui penerapkan model inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kebumen semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar angket, dan soal evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model inkuiri terbimbing meningkatkan motivasi, minat, dan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan peningkatan motivasi pra siklus ke siklus I sebesar 50%, siklus I ke siklus II sebesar 25,1 %, peningkatan minat 43,5%, peningkatan siklus I ke siklus II 25%, dan pencapaian KKM pada pra siklus sebesar 15,6%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model inkuiri terbimbing pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 65,6%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 100%. Kata kunci: Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar IPS, Model Inkuiri Terbimbing

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...