Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 15 No. 1 (2021): JURNAL SOSIALITA

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR INDUKSI ELEKTROMAGNETIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBEX (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX F SMP NEGERI 3 PURWOREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Juniati, Juniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemapuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui Probex.Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik selalu termotivasi untuk belajar IPA meningkat dari 25% menjadi 52,5% pada siklus II dan ada kenaikan nilai rata-rata 77,92 pada siklus I menjadi 87,92 pada siklus IIdan ketuntasan belajar menunjukkan kenaikan dari 75% pada siklus I menjadi 91,6% pada siklus II. Disimpulkan bahwa pembelajaran probex pada konsep induksi elektromagnetik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IX F SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019.Kata: kunci: motivasi, hasil belajar, Probex (Predict Obsere Explain)The problem in this study concerns with the students’ lower problem solving skill. This study aimed to improve students’ learning motivation and outcomes through Probex.The study was conducted in two 2 cycles with each of 3 meetings. Result of this study indicated that student were consistently motivated to learning Science, i.e. there was improvement from 25% to 52.5% at cycle II and the score average of 77.92 at cycle I improved to be 87.92 at cycle II; and learning mastery showed improvement from 75% at cycle I to 91.6% at cycle II. It is concluded that probex learning in electromagnetic induction is able to improve the student learning motivation and outcomes of class IX F at SMP Negeri (State Junior High School) 3 Purworejo in 2018/2019.Keywords: motivation, learning outcomes, Probex (Predict Observe Explain)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...