Majalah Lontar
Vol 36, No 1 (2024): April

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PALANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS II B SD NEGERI BENDUNGAN

Fauziah, Shifa (Unknown)
Suyoto, Suyoto (Unknown)
Chayati, Anysatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas II B pada materi bilangan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media PALANG. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ini terdiri dari 28 siswa dan obyek penelitiannya adalah peningkatan pemahaman matematis. Desain penelitiannya menggunakan model Spiral dari Kemmis dan Taggart meliputi 4 tahap dalam setiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan (plan), tahap tindakan (act), tahap pengamatan (observe), dan tahap refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes pemahaman matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data kualitatif yaitu dari observasi dan wawancara, untuk data kuantitatif dengan menggunakan persentase kemampuan pemahaman matematis yaitu hasil tes pemahaman matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PALANG dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas II B pada materi bilangan. Kemampuan pemahaman matematis mengalami peningkatan, yaitu pada tes prasiklus presentase ketuntasan kemampuan pemahaman matematis sebesar 32%, pada tes siklus I presentase ketuntasan kemampuan pemahaman matematis sebesar 68% dan pada siklus II presentase sebesar 89%. Dapat dilihat bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media PALANG dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis kelas II B SD Negeri Bendungan sebesar 21%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...