Majalah Lontar
Vol 35, No 3 (2023): Desember

Penerapan Model Pbl Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengurutkan Gambar Kelas Ii Sd Negeri Bendungan

Aristiani, Novia (Unknown)
Suyoto, Suyoto (Unknown)
Chayati, Anysatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIA SDN Bendungan pada materi mengurutkan gambar  melalui model pembelajaran PBL berbantuan media Visual. Peneltian dilakukan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan PTK terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IIA SDN Bendungan berjumlah 26 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media visual mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIA pada Materi mengurutkan gambar . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I diperoleh presentae rata-rata klasikal hasil belajar aspek kognitif sebesar 76% kategori baik, pada diklus II mengalami peningkatan rata-rata klasikal hasil belajar sebesar 92%, kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh rata-rata klasikal sebanyak 80% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan dengan peorlehan rata-rata klasikal 96% kategori sangat baik,

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...