Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK

Daulay, Nikmah (Unknown)
Nurul Hidayani (Unknown)
Ramadhani, Aisyah (Unknown)
Syafitri, Annisa (Unknown)
Sitepu, Melyani Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Motivasi Belajar PKN pada Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet terhadap Motivasi Belajar PKN pada Peserta Didik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian percobaan dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Prosedur penelitian menggunakan pretest dan posttest dengan menggunakan lembar angket yang dimana untuk mengukur kemampuan peserta didik sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif mempunyai karakteristik yang dapat berupa bentuk angka, berupa hasil pembelajaran awal dan hasil pembelajaran akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media kartu kuartet pada mata Pelajaran PKN kelas V. Data ini menggunakan uji validator (expert judgement), uji normalitas dan uji hipotesis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...