Program bimbingan dan konseling di sekolah merupakan rancangan layanan yang dibuat oleh konselor sekolah atau guru BK untuk memberikan bantuan kepada peserta didik dalam upaya untuk mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Evaluasi dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan program yang diterapkan dan mengetahui kelemahan-kelemahan program tersebut sehingga dapat dijadikan acuan untuk merancang program berikutnya. Artikel ini ditulis dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan evaluasi program BK di sekolah dan tantangan-tantangan apa yang ditemukan dalam mengimplementasikan program tersebut, dan bagaimana cara mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil penelitian dari beberapa rujukan menunjukkan bahwa keterlaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di beberapa sekolah masih rendah. Hal ini disebabkan karena beberapa hambatan yang dihadapi para konselor sekolah dalam pelaksanaan evaluasi tersebut, diantaranya adalah kurangnya keterampilan guru BK dalam pelaksanaan evaluasi, beban tugas yang terlalu banyak, kurang mampu menetapkan kriteria, data yang kurang lengkap, kurangnya dukungan dari sekolah sampai pada kekhawatiran para konselor sekolah pihak lain mengetahui kelemahannya. Capturing the implementation and barriers of school counseling program evaluation: A literature review Abstract: The guidance and counseling program in schools is a service design made by school counselors or counseling teachers to provide assistance to students in an effort to optimize their potential. Evaluation is needed to determine the level of success of the implemented program and to determine the weaknesses of the program so that it can be used as a reference for designing the next program. This article is written in order to find out the extent of the implementation of the counseling program evaluation in schools and what challenges are found in implementing the program, and how to overcome these challenges. The research method used is literature review. Research results from several references show that the implementation of guidance and counseling program evaluation in some schools is still low. This is due to several obstacles faced by school counselors in the implementation of the evaluation, including the lack of skills of counseling teachers in the implementation of evaluation, too much workload, lack of ability to set criteria, incomplete data, lack of support from the school and the concern of school counselors that other parties will find out their weaknesses.
Copyrights © 2024