Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MELALUI METODE READING ALOUD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI ROMANG RAPPOA

Natsir, Miftahuljannah (Unknown)
Bahri, Aliem (Unknown)
Ulviani, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Masalah utama melalui metode reading aloud pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romang Rappoa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan mengambil 9 sampel yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan reading aloud banyak siswa yang masih terbata-bata saat membaca. Namun setelah beberapa kali latihan mereka mampu dan mulai dapat memahami makna bacaan dengan lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi melalui metode ini membantu menggambarkan kemampuan literasi siswa melalui kegiatan membaca nyaring karena penerapan metode reading aloud menunjukkan hasil yang positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...