Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

Pendidikan Islam di Era Society 5.0: Perspektif Nurcholish Madjid dalam Dinamika Kontemporer

Adam Hasyim (Unknown)
M. Mahbub AI Basyari, Ernawati, Amir Syaripudin, Neli Puswanti, Fadli Daud Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Era Society 5.0 membawa perubahan drastis dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan Islam yang dihadapkan pada tantangan mengintegrasikan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Namun, hambatan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya kesiapan tenaga pendidik, dan resistensi terhadap perubahan masih menjadi kendala utama. Pemikiran Nurcholish Madjid menawarkan pendekatan yang relevan, dengan menekankan pentingnya nilai-nilai inklusivitas, pluralisme, dan humanisme dalam pendidikan Islam. Perspektif ini tidak hanya mendorong penguatan moralitas dan spiritualitas tetapi juga beradaptasi terhadap kebutuhan zaman melalui inovasi berbasis teknologi. Dalam penulisan ini menggunakan Metode penelitian library research atau studi kepustakaan yang update dan relevan, adalah metode penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Penelitian ini juga memperhatikan pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang responsif terhadap tantangan Society 5.0. Kurikulum tersebut harus mampu mengintegrasikan literasi teknologi, data, dan manusia dengan nilai-nilai keislaman universal. Di sisi lain, pendidikan Islam perlu menjadi wadah pembinaan karakter yang bercirikan pada etika, moralitas dan spiritualitas dalam menghadapi dampak negatif disrupsi teknologi. Dengan pendekatan ini, pendidikan Islam diharapkan tidak hanya relevan tetapi juga mampu berkontribusi dalam menciptakan generasi yang kompeten secara global dan kokoh secara moral.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...